Minggu, 30 Oktober 2011

Definisi Sedimentologi dan Batuan Sedimen

Beberapa definisi mengenai Sedimentologi :
1.      Sedimentologi adalah ilmu yang mempelajari sedimen atau endapan (Wadell, 1932). Sedangkan sedimen atau endapan pada umumnya diartikan sebagai hasil dari proses pelapukan terhadap suatu tubuh batuan, yang kemudian mengalami erosi, tertansportasi oleh air, angin, dll, dan pada akhirnya terendapkan atau tersedimentasikan.
2.      Sedimentologi adalah studi tentang proses-proses pembentukan, transportasi dan pengendapan material yang terakumulasi sebagai sedimen di dalam lingkungan kontinen dan laut hingga membentuk batuan sedimen.
3.      Sedimentologi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan lapisan tanah karena pengendapan tanah yang mengalami perpindahan dari tempat lain.
4.      Sedimentologi adalah salah satu cabang dari ilmu geologi yang membahas secara khusus batuan sedimen atau mempelajari batuan sedimen/ endapan-endapan dengan segala prosesnya.
5.      Sedimentologi adalah ilmu yang mempelajari pembentukan lapisan tanah karena pengendapan tanah yang mengalami perpindahan dari tempat lain. Contohnya adalah sedimentasi di delta sungai dan daerah sekitar gunung berapi. Ilmu ini berkaitan erat dengan pembentukan bahan galian seperti batubara, minyak bumi, emas, perak dsb


DEFINISI BATUAN SEDIMEN

1.      Batuan sedimen adalah batuan yang terbentuk akibat proses pembatuan atau lithifikasi dari hasil proses pelapukan dan erosi yang kemudian tertransportasi dan seterusnya terendapkan.
2.      Batuan sedimen adalah salah satu dari kelompok utama batuan yang terbentuk melalui tiga cara utama,yaitu pelapukan batuan,pengendapan karena aktivitas biogenic dan pengendapan dari larutan.
3.      Batuan sedimen merupakan batuan hasil rombakan batuan lainnya yang terbentuk setelah melalui pelapukan, erosi, transportasi, deposisi dan litifikasi atau istilah yang demikian itu disebut sebagai sedimentasi.  Sedimentasi sendiri adalah segala proses pelapukan, erosi, transportasi, deposisi, dan litifikasi ( PETD + L ) dalam pembentukan batuan sedimen.  Batuan sedimen sendiri bisa berasal dari batuan beku, batuan metamorf, atau batuan sedimen itu sendiri.


Gambar 1. Siklus batuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar